Powered By Blogger

Minggu, 18 Maret 2012

Tujuan permainan dalam out bound


Hai kawan KPC..

Mba kuntie punya cerita baru lagi nih. Diantara kalian pasti sudah ada yang pernah ikut dalam kegiatan out bond kan? Dan didalam out bond itu pasti ada permainannya. Pernahkah terlintas dipikiran kalian kalau itu buakn hanya permainan? Tetapi ada sesuatu tujuan di balik semua permainan itu. Inilah beberapa contohnya.
Kapal perang. Permainan tembak menembak antar kelompok dengan menyebutkan nama kapal lawan yang akan ditembak.Tujuannya yaitu mengajarkan pentingnya komando, kepemimpinan, komunikasi, dan pembagian tugas dalam kerja sama.

Sarang korek api. Permainan membuat sarang burung diatas botol kosong tanpa berbicara sepatah kata pun. Tujuan dari permainan ini adalah peserta dapat belajar bekerja sama dan mengerti perasaan orang lain serta memahami pentingnya suatu komunikasi.


Benda bergerak. Permainan membuat benda dan mendemontrasikan/memperagakan cara kerja  benda/alat yang dibuat. Tetapi tidak boleh ada suara atau tulisan, peserta harus kosentrasi pada proses proses dan penghayatan karakter dan fungsi bendanya. Tujuannya yaitu mengajak peserta belajar bekerja sama dalam satu tim, membuat sesuatu bersama, semua anggota berperan saling mengisi saling membantu dan saling memperhatikan sehingga terwujud sebuah gagasan atau ide, merencanakan bersama, serta melaksanakannya bersama pula.

Spider web. Permainan melewati lubang. Tetapi dengan catatan tidak boleh menyentuh jaring, tidak boleh diulang/dilewati lebih dari 1kali. Tujuannya adalah mengajarkan kerja sama, saling pengertian, saling berbagi tugas sesuai kemampuan masing-masing.

Pipa atau drum bocor. Permainan untuk mengelurkan balon dari dalam pipa atau drum yang diberi lubang sebesar ujung jari. Peserta mengisinya dengan air dan menutup semua lubang sehingga tekanan air akan mengeluarkan bola tersebut. Tujuannya adalah meningkatkan kerja sama tim (team work), berkorban untuk orang lain dan menghargai pengorbanan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar