Powered By Blogger

Minggu, 18 Maret 2012

Rahasia mendengarkan



Hai kawan KPC..

Mba kuntie punya cerita tentang mendengar. Mendengarkan tampaknya sebuah pekerjaan yang mudah. Namun, sering menjadi hal yang sulit bahkan sangat sulit dilakukan karena orang lebih suka berbicara daripada mendengarkan.

Mendengarkan memiliki banyak manfaatnya. Seperti yang dituliskan oleh Gerald Green, DTM dalam buku “The Magic of Public Speaking” ada 6 rahsia mendengarkan, yaitu ;
  • ·         Kita dapat belajar. Dengan mendengarkan orang lain kita sebenarnya sedang belajar  dari pengalaman orang orang lain.
  • ·   Menunjukan perhatian kepada orang lain. Dengan mendengarkan orang lain yang sedang berbicara, sebenarnya kita sedang memperhatikan atau peduli pada orang tersebut. Dengan demikian, kita sebenarnya telah membuat orang yang berbicara tersebut menjadi berarti atau merasa dirinya penting.
  • ·         Kita mendapatkan pemahaman tentang kebutuhan orang lain. Kita tidak akan mengerti apa yang sebenarnya dibutuhkan oarang lain, jika kita tidak pernah mau mendengarkan orang lain.
  • ·         Kita menjebol penghalang. Jika kita bisa mendengarkan dengan baik dan aktif, maka kita bisa mengatasi hambatan dalam bahasa, budaya, dan sebagainya. Dengan mendengarkan kita membuka diri untuk orang lain.
  • ·         Kita melibatkan orang lain. Dengan memberi kesempatan orang lain berbicara, kita sebenarnya tengah melibatkan orang lain dengan diri kita. Dengan melibatkan orang lain dalam proses yang sedang kita jalankan, kita memberi kesempatan orang lain untuk melihat sudut pandang kita.
  • ·         Kita dapat menjernihkan kesalahpahaman. Dengan mendengarkan orang lain secara sungguh-sungguh kita bisa menghilangkan kemungkinan terjadi salah paham saat kita menerima pesan dari orang lain. Dengan kata lain, kita periu aktif dan penuh perhatian dalam mendengarkan untuk mengetahui apa yang sebenarnya dikatakan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar