Powered By Blogger

Minggu, 18 Maret 2012

Public speaking



Hai kawan KPC.. Bagaimana hari kawan semua? Apakah sangat menyenangkan? Semoga kita selalu dalam berkah dan lindungan-Nya. Hihihihihi.. :D

Mba kuntie punya cerita lagi nih. Ini tentang public speaking atau yang biasa kita sebut dengan berpidato/berbicara di depan publik atau umum. Kemampuan berpidato mempunyai daya sugesti yang lebih hebat dibandingkan kemampuan menulis. Bangsa Indonesia mempunyai dua tokoh besar yang mempunyai kemampuan berpidato yang luar biasa. Mereka adalah Ir. Soekarno dan dr. Soetomo atau yang akrab dipanggil Bung Karno dan Bung Tomo.

Pidato adalah berbicara didepan publik atau orang banyak. Dalam berpidato diperlukan beberapa kemahiran dasar yaitu mampu mengungkapkan pikiran secara lisan dengan lancar, menguasai bahasa secara baik dan benar, dan memiliki keberanian dimuka umum.

Didalam berpidato dikenal beberapa metode,antara lain metode serta merta(metode berpidato yang berdasarkan kebutuhan sesaat tanpa persiapan yang cukup), metode menghapal (metode berpidato yang dilakukan dengan persiapan), metode naskah atau membaca (metode berpidato dengan cara membacakan secara langsung naskah yang telah dipersiapkan sebelumnya), dan metode ekstemporan (metode berpidato dengan cara menuliskan yang pokok-pokok pikiran yang akan disampaikan dan kemudian menyampaikan masalah yang telah disiapkan dengan kata-katanya sendiri).

Tujuan dalam berpidato yaitu menginformasikan kepada pendengar tentang suatu hal yang baru, meyakinkan orang lain tentang suatu hal, membujuk orang lain agar mengikuti apa yang Anda kehendaki, menginspirasi pendengar agar mereka memotivasi diri untuk bertindak, menghibur dan membuat pendengar tertawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar