Powered By Blogger

Selasa, 02 April 2013

Intropeksi Diri..!!

Didalam masayarakat kita banya sekali orang yang ngomongin orang lain atau bahasa kerennya bergosip. Tidak terkecuali aku juga seperti itu seh. Tetapi yang sangat aku sayangkan adalah ketika ada orang yang dengan menggebu-gebu menceritakan kesalahan atau kejelekan orang lain tanpa melihat kepada dirinya sendiri.

Seperti halnya kemarin aku bertemu dengan orang seperti ini. Disaat aku makan siang, meja depanku ada dua orang ibu-ibu muda yang sedang makan sambil asik bergosip. Sedangkan disebrangnya ada sepasang ibu dan anak kecil yang sedang makan juga. Bukan bermaksud untuk nguping, tetapi secara sengaja atau tidak sengaja obrolan dua ibu muda ini pasti terdengar oleh telingaku karena memang letak antara meja mereka dan mejaku tidak jauh. Dan bisa dibilang meja kami berhadap-hadapan.

Meraka asik ngobrol tanpa menghiraukan pengunjung yang lain. Aku hanya menyantap makan yang ada dalam piring dan sesekali melihat ke arah meraka dan melihat kearah sekitar. Dan mataku berhenti di meja sepasang ibu dan anak yang ada disebrang. Disana aku melihat seorang ibu yang sedang mengalihkan pandangan anaknya dari dua ibu muda yang sedang asik ngobrol itu.

Tak lama dua ibu muda itu selesai makan dan meninggalkan mejanya menuju kasir untuk membayar makanan. Dan sepanjang jalan itu mereka masih asik ngobrol. Aku pun sudah menyelesaikan makanku dan bergegas pergi ke arah kasir yang memang harus melewati meja sepasang ibu dan anak tadi.

Tidak sengaja aku mendengar seorang ibu yang dengan lemah lembut sedang memberitahu anaknya untuk tidak mengikuti tingkah laku dua ibu muda yang tadi. Katanya "kamu boleh berteman, kamu juga boleh ngobrol dan bermain, tetapi berteman, bermain dan ngobrol yang bagus yah..jangan ngobrol atau bermain dan berteman dengan yang tidak berguna." Dan anak kecil itu mengangguk dengan pasti.

Waaww..!! Benar-benar seorang ibu yang bijak. Memang yah terkadang kita melupakan hal-hal yang sekecil itu. Jika anak sekecil itu bisa mengerti apa yang telah disampaikan oleh ibunya, bagaimana dengan kita..?? Disekitar kita masih banyak sekali orang-orang yang seperti dua ibu muda itu. Membicarakan orang, tetapi tidak melihat kepada dirinya sendiri. Apakah sudah benar atau belum..??

Ngobrol atau tukar pikiran boleh saja. Tetapi untuk membicarakan kejelekan orang dengan menggebu-gebu itu yang tidak benar. Interopeksilah, koreksilah, berkacalah terlebih dahulu sebelum membicarakan orang lain.

Ini untuk aku, dan untuk semua. Agar kita menjadi orang yang lebih baik disetiap harinya. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar